Batman Begins - Help Select Putera Sumbawa Batman Begins - Help Select

hujan kembang api

Kamis, 20 Juni 2013

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRl6fxRAWjp-q9-vs-8XDqueIb1VW2FCJUSo9C2SHuwcv1JjlR0


12 Langkah muhammadiyah tahun 1938 – 1940
Muhammadiyah dengan sungguh-sungguh melangsungkan langkahnya yang lebih luas dan menetapkan jejaknya yang kokoh, dalam tahun 1938-1940, maka :
1. Memperdalam masuknya Iman
Hendaklah Iman itu ditablighkan, disiarkan selebar-lebarnya, yakni diberi riwayat dan diberi dalil buktinya, dipengaruhkan dan digembirakan, sampai iman itu medarah daging, masuk ditulang sumsum dan mendalam dan mendalam dihati sanubari kita, sekutu-sekutu Muhammadiyah seumumnya.
2. Memperluas Faham Agama
Hendaklah faham agama yang sesungguhnya itu dibentangkan dengan arti yang seluas-luasnya, boleh diujikan dan diperbandingkan, sehingga kita sekutu-sekutu Muhammadiyah mengerti perluasan Agama Islam, itulah yang paling benar, ringan, dan berguna, maka mendahulukanlah pekerjaan keagamaan itu.
3. Memperbuahkan Budi Pekerti
Hendaklah diterangkan dengan jelas tentang akhlaq yang terpuji dan akhlq yang tercela serta diperbahaskannya tentang memakainya akhlaq yang mahmudah dan menjauhkannya akhlaq yang madzmumah itu, sehinga menjadi amalan kita, ya seorang sekutu Muhammadiyah, kita berbudi pekerti yang baik lagi berjasa.
4. Menuntun Amal Intiqad
Hendaklah senantiasa melakukan perbaikan diri kita sendiri (self corrective), segala usaha dan pekerjaan kita, kecuali diperbesarkan, supaya diperbaikilah juga. Buah penyelidikan perbaikan itu dimusyarawahkan ditempat yang tentu, dengan dasar mendatangkan maslahat dan menjauhkan mudharat, sedang yang kedua ini didahulukan dari yang pertama.
5. Menguatkan Persatuan
Hendaklah menjadi tujuan kita juga, akan menguatkan persatuan organisasi da mengokohkan pergaulan persaudaraan kita serta mempersamakan hak-hak dan memerdekakan lahirnya pikiran-pikiran kita.
6. Menegakkan Keadilan
Hendaklah keadilan itu dijalankan semestinya, walaupun akan mengenai badan sendiri dan ketetapan yang sudah seadil-adilnya itu dibela dan dipertahankan di mana juga.
7. Melakukan kebijaksanaan
Dalam gerak kita tidaklah melupakan hikmah, hikmah mana hendaklah disendikan kepada kitabullah dan sunnaturrasulillah. Kebijaksanaan yang menyalahi kedua pegangan kita itu, mestilah kita buang, karena itu bukan kebijaksanaan yang sesungguhnya.
Dalam pada itu, dengan tidak mengurangi segala gerakan ke-Muhammadiyahan, maka pada tahun 1938 – 1940 H.B. Muhammadiyah mengemukakan pekerjaan akan :
8. Menguatkan Majelis Tanwir
Sebab majelis ini nyata-nyata berpengaruh besar dalam kalangan kita muhammadiyah dan sudah menjadi tangan knan yang bertenaga di sisi Hoofdbestuur(PP) Muhammadiyah, maka sewajibnyalah kita perteguhkan dengan diatur yang sebaik-baiknya.
9. Mengadakan Konferensi Bagian
Untuk mengadakan garis yang tentu dalam langkah-langkah bagian kita, maka hendaklah kita berikhtiar menagadakan “konferensi Bagian”, misalnya : konferensi bagian penyiaran agama seluruh Indonesia dan lain sebagainya.
10. Mempermusyarawahkan Putusan
Agar dapat keringanan dan kemudahan dalam pekerjaan, maka hendaklah setiap keputusan yang mengenai kepala majelis ( bagian ), hendaklah dimusyawarahkan dengan yang bersangkutan itu lebih dahulu, sehingga dapatlah mentanfidzkan dengan cara menghasilkan dengan segera.
11. Mengawaskan gerakan jalan
Pemandangan kita hendaklah kita tajamkan akan mengawasi gerak kita yang ada di dalam Muhammadiyah, yang sudah lalu, yang masih langsung dan yang bertambah (yang akan dating/berkembang).
12. Mempersambungkan Gerakan Luar
Kita berdaya-upaya akan menghubungkan diri kepada luaran (ekstern), lain-lain persyarikatan dan pergerakan di Indonesia, dengan dasar silaturrahim, tolong-menolong dalam segala kebaikan, yang tidak mengubah asasnya masing-masing, terutama perhubungan kepada persyarikatan dan pemimpin Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar